Reza Khuro K.

Gudangnya Ilmu IT

Wednesday, January 10, 2018

Pengertian dan Persyaratan Minimal Akses Internet

Pengertian dan Persyaratan Minimal Akses Internet

Pengertian Internet
      Internet merupakan kumpulan atau gabungan dari jaringan komputer lokal atau LAN (Local Area Network) menjadi jaringan global atau WAN (Wide Area Network). Komputer-komputer dapat saling berhubungansatu sama lain menggunakan bahasa atau protokol yang disebut TCP/IP (Transmission Control Protocol/Internet Protocol) dan IP (Internet Protocol) atau UDP (User Datagram Protocol). Bahasa atau protokol inilah yang memungkinkan komputer-komputer dapat mengakses dan diakses pada jaringan komputer. TCP dan IP memberikan sebuah alamat (address) dan identitas yang unik pada setiap komputer di seluruh dunia untuk menghindari adanya kesalahan pengiriman data. Conroh dari alamat TCP/IP adalah 167.205.9.35.

      Perlu dicatat dan diingat, bahwa internet tidak sama dengan apa yang disebut WWW (World Wide Web) atau disingkat web. Web merupakan sebuah sistem informasiyang disimpan dalam komputer-komputer. Informasi tersebut berbentuk hypertext dan diakses oleh pengguna internet diseluruh dunia memggunakan program aplikasi jelajah (web browser), seperti Internet Explorer. Dengan kata lain, ketika sedang melakukan browsing atau penjelajahan internet kamu langsung berhadapan dengan web yang menampilkan aneka macam informasi.


Persyaratan Minimal Akses Internet

1. Unit Komputer
      Komputer merupakan prasyarat mutlak untuk dapat melakukan akses Internet. Komputer berfungsi sebagai perangkat antarmuka (interface) untuk menampilkan berbagai macam informasi dari web. Dengan komputer kamu dapat mencari, melihat, dan mengambil informasi yang kamu butuhkan.




2. Modem
      Modem (Modulator-Demodulator) merupakan perangkat wajib yang menghubungkan komputer kamu dengan jaringan internet. Fungsi pokok modem adalah untuk mentransfer data atau informasi yang dikodifikasikan (berbentuk kode) dalam sinyal-sinyal analog atau sinyal digital. 


3. Saluran Komunikasi (Communication Channel)
      Jaringan Internet merupakan jaringan global. Agar komputer kamu dapat terhubung ke jaringan tersebut, harus ada saluran komunikasi yang menghubungkan komputer kamu dengan perusahaan yang menyediakan sambungan internet yang dikenal dengan Penyelenggara Jasa Internet (PJI) atau Internet Service Provider (ISP).

4. ISP (Internet Service Provider)
      ISP atau PJI merupakan satu-satunya penyedia layanan sambungan Internet. Melalui ISP ini kamu dapat berhubungan dengan komputer-komputer di seluruh dunia. Berdasarkan Keberadaannya, ISP terbagi menjadi ISP lokal (tingkat regional), ISP nasional (tingkat negara), dan ISP Internasional.

~ Terima kasih untuk supportnya maaf kalo ada kekurangan semoga bermanfaat ~
~Jangan lupa untuk komen yaa kalau saja ada kekurangan~
Baca juga : Dampak Positif Dan Negatif Internet
t


ags4

 :pengertian internet, persyaratan akses internet, persyaratan minimal akses internet, artikel tentang internet


1 comment:

  1. Artikel yang sangat bermanfaat.. thnks infonya
    kunjungi juga ya cybersofttron.blogspot.com

    ReplyDelete