Reza Khuro K.

Gudangnya Ilmu IT

Wednesday, February 7, 2018

Jenis Jangkauan Komputer Berdasarkan Jangkauan Wilayah


   Berdasarkan jangkauan wilayahnya, jaringan komputer dapat dibedakan menjadi beberapa jenis yaitu LAN, MAN, WAN, PAN, dan CAN. Berikut adalah pengertian dari beberapa jaringan tadi.

LAN
Jaringan lokal (LAN) adalah sebuah jaringan komputer yang terbatas pada wilayah yang relatif kecil seperti dalam sebuah ruang, sebuah gedung, kapal, atau pesawat terbang. 

Jika di dalam sebuah organisasi terdapat banyak komputer yang berbeda tempat, maka diperlukan jaringan LAN berskala besar.

Untuk memudahkan pengelolaan, LAN dapat dibagi menjadi segmen-segmen yang lebih kecil yang disebut workgroups atau 'subjaringan'. Hal ini dimaksudkan untuk mempermudah pengelolaan jaringan (network management).

MAN
MAN adalah sebuah jaringan komputer yang menghubungkan dua atau lebih LAN dan CAN bersama-sama dalam batas kira-kira satu wilayah kota metropolitan.

Untuk membangun jaringan MAN biasanya dibutuhkan peralatan tambahan, seperti multiple routers dan switches serta hubs.


WAN
WAN adalah sebuah ja8ringan komunikasi komputer yang menjangkau wilayah geografis yang paling luas dan seringkali menggunakan fasilitas transmisi seperti jaringan telepon, wireless, bahkan satelit.

Cakupan WAN dapat menjangkau wilayah antarnegara, antarbenua, bahkan seluruh dunia.


PAN
Jaringan personal (PAN) adalah jaringan komputer yang digunakan untuk komunikasi antara komputer dengan perangkat lainnya, seperti telepon, handphone/smartphone. Jangkauan PAN biasanya hanya beberapa meter.

Media transmisi antar perangkat yang biasa digunakan pada jenis jaringan PAN adalah kabel data, infrared, atau bluetooth. Jaringan ini juga memungkinkan untuk koneksi ke jaringan yang lebih luas seperti internet dengan bantuan modem dan jaringan telepon.


CAN
CAN adalah sebuah jaringan komputer yang menghubungkan dua atau lebih LAN dalam wilayah tertentu.

Jaringan seperti ini biasanya digunakan pada kampus yang menghubungkan berbagai bangunan di kompleks kampus yang luas seperti bagian akademik, perpustakaan, dan sebagainya.

Sertingkali CAN digunakan untuk menyebut jaringan komputer pada kompleks industri atau markas militer. Seperti halnya LAN, jaringan CAN juga dapat dihubungkan dengan jaringan global internet.

Baca juga : Manfaat Meminum kopi bagi kesehatan
tag : pengertian lan, pengertian wan, pengertian man, pengertian can, pengertian pan, artikel tentang internet 

1 comment: